Wajah Jokowi, Susi Pudjiastuti dan Donald Trump dalam Karya Maggie Hutauruk

Wajah Jokowi, Susi Pudjiastuti dan Donald Trump dalam Karya Maggie Hutauruk

BERITABUANA.CO, JAKARTA – Karya terbaru 2Madison Avenue bertajuk “Liga” dipamerkan pada peragaan busana New York Fashion Week (NYFW)) Fall/Winter Collection 2020/2021. Sebanyak 16 set busana ditampilkan pada 10 Februari 2020 lalu, di lantai 1 sebuah gedung berusia 150 tahun, dan terletak di daerah Soho, tepatnya di 417 Broadway, New York 10013.

Ide menarik dan out of the box rancangan direktur kreatif 2Madidon Avenue, Maggie Hutauruk-Eddy datang dari pemikiran kedua anaknya setelah mencari tahu profil aktivis lingkungan isu perubahan iklim, Greta Thunberg, asal Swedia dan terpikir apa yang bisa mereka lakukan untuk menyelamatkan bumi.

Menurut Maggie yang ditemui di acara jumpa pers dan fashion show, 18 Februari 2020, di Hotel Intercontinental, Pondok Indah, pemikiran anak generasi Z memang beda dengan dirinya. Hingga ia terpikir mengapa tidak  menciptakan karya yang lebih mencintai bumi.

Pesan mencintai bumi diwujudkan Maggie dalam tulisan “Pro Earthy” di beberapa koleksinya. Ia gelisah melihat perilaku penghuni bumi saat ini yang memilih kesenangan pribadi ketimbang merawat lingkungan. Ia memberi ekspresi dalam warna terang seperti pink, biru, serta nuansa kelam seperti hitam, silver, dan warna silau seperti kuning.

Gaya eklektik menjadi ciri khas 2Madison Avenue, yang mencampuradukkan corak, warna, tekstur, struktur, dan sentuhan konstruksi ke dalam karyanya. Maggie tak pernah pantang memasukkan unsur baru ke dalam rancangannya. Ia tak ragu, misalnya, untuk memadukan motif kelautan yang berkesan massif dan halusnya bahan brokat yang feminin dipadu sepatu boot bergaya maskulin.
Maggie menggunakan dua bahan unik, yakni karung goni bekas dan kain perca ulos.Karung goni ini dijadikan pakaian ready-to-wear yang sangat menarik dengan warna-warna  cerah. “Banyak sekali limbah di Indonesia. We can do something about it,” kata Maggie yang butuh waktu 1,5 bulan mempersiapkan koleksinya. Termasuk mengumpulkan karung goni bekas. Untuk koleksi yang ia bawa ke New York, Maggie tidak ingin menggunakan bahan yang 100 persen masih baru.

Fashion stylist Adi Surantha mengapresiasi karya Maggie yang dinilai cukup inovatif, visioner, dan sarat akan pesan. Baginya, dengan Maggie memperkenalkannya di kancah internasional, maka dunia fashion bisa dilirik lagi bukan hanya tentang desainnya, namun sebagai fashion yang memiliki pesan tersendiri. “Visioner sekarang adalah materialnya, bagaimana pakaian ini bisa dipakai berkali-kali. Karung ini sangat inovatif,” tuturnya.

Pencarian Maggie kemudian tertuju pada sosok Greta Thunberg, aktivis isu iklim dunia yang berasal dari Swedia. Sosok Greta juga beberapa kali muncul berbentuk printing dalam koleksi Liga. Selain Greta Thunberg, ada Joko Widodo, Donald Trump, dan Susi Pudjiastuti dalam koleksi terbaru 2Madison Avenue ini.  “Saya senang dengan Pak Jokowi dan Bu Susi yang selalu berani, tegas dalam menggulirkan kebijakan. Sedangkan untuk Trump itu lebih pada ajakan untuk mengapresiasi apa yang dikampanyekan Greta Thunberg,” jelasnya.

2Madison Avenue, satu-satunya desainer dari Indonesia yang menjadi penampil pembuka yang disusul oleh tujuh desainer Asia lainnya yaitu Yiyi Kwok, Yi-Ting Lee, Bettie Kim, Ruojing Wang, Chun Han, Bingyao Cheng, dan Shuai Zeng di bawah naungan CADA (the Council of Asian Designers of America). Sementara Maggie, menjadi satu-satunya desainer yang diwawancara oleh kantor berita berkaliber internasional, Reuters, serta menerima apresiasi yang besar dari Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI). 

https://beritabuana.co/2020/02/20/wajah-jokowi-susi-pudjiastuti-dan-donald-trump-dalam-karya-maggie-hutauruk/

Leave a comment

Please note: comments must be approved before they are published.